3.
Jelaskan faktor yang mempengaruhi organisasi!
Jawab:
Ada beberapa faktor-faktor yang
mempengaruhi organisasi, yaitu:
a)
Faktor-Faktor yang mempengaruhi kinerja organisasi:
·
Kemampuan
mereka
·
Motivasi
·
Dukungan
yang diterima
·
Keberadaan
pekerjaan yang mereka lakukan, dan
·
Hubungan
mereka dengan organisasi
b)
Faktor-faktor yang mempengaruhi budaya organisasi:
·
Observed behavioral regularities
yakni keberaturan cara bertindak dari
para anggota yang tampak teramati. Ketika anggota organisasi berinteraksi
dengan anggota lainnya, mereka mungkin menggunakan bahasa umum, istilah, atau
ritual tertentu.
·
Norms
yakni berbagai standar perilaku yang
ada, termasuk di dalamnya tentang pedoman sejauh mana suatu pekerjaan harus
dilakukan.
·
Dominant values
yakni adanya nilai-nilai inti yang
dianut bersama oleh seluruh anggota organisasi, misalnya tentang kualitas
produk yang tinggi, absensi yang rendah atau efisiensi yang tinggi.
·
philosophy
yakni adanya kebijakan-kebijakan yang
berkenaan dengan keyakinan organisasi dalam memperlakukan pelanggan dan
karyawan.
·
Rules
yaitu adanya pedoman yang kuat,
dikaitkan dengan kemajuan organisasi.
·
Organization climate
merupakan perasaan keseluruhan (anoverall
“feeling”) yang tergambarkan dan disampaikan melalui kondisi tata ruang,
cara berinteraksi para anggota organisasi, dan cara anggota organisasi
memperlakukan dirinya dan pelanggan atau orang lain.
c) Faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku organisasi:
- Peningkatan produktifitas
Organisasi dikatakan produktif jika
tujuan dapat dicapai dan proses pencapaian tersebut dilakukan dengan merubah
masukan menjadi keluaran dengan biaya yang paling rendah. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa produktifitas berhubungan dengan keefektifan dan keefisienan.
- Pengurangan kemangkiran
Kemangkiran adalah tindakan tidak masuk
kerja tanpa alasan. Tingkat kemangkiran yang tinggi dapat berdampak
langsung pada keefektifan dan efisiensi organisasi.
- Penurunan Turn Over
Turn over adalah pengunduran diri
secara permanen dari organisasi.
- Peningkatan kepuasan kerja
Kepuasan kerja adalah perbedaan antara
banyaknya ganjaran yang diterima karyawan dan banyaknya yang mereka yakini
harus mereka terima. Karyawan dikatakan merasakan puas bila perbedaan bernilai
positif secara perhitungan matematis.
d) Faktor-faktor yang
mempengaruhi komitmen organisasi:
·
Faktor
personal, misalnya usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman kerja,
kepribadian, dll;
·
Karakteristik
pekerjaan, misalnya lingkup jabatan, tantangan, konflik, peran, tingkat
kesulitan dalam pekerjaan, dll;
·
Karekteristik
struktur, misalnya besar/kecilnya organisasi, bentuk organisasi
(sentralisasi/desentralisasi), kehadiran serikat pekerja;
·
Pengalaman
kerja. Pengalaman kerja karyawan sangat berpengaruh terhadap tingkat komitmen
karyawan pada organisasi.
e) Faktor-faktor yang
mempengaruhu efektivitas organisasi:
·
Karakteristik
Organisasi
Karakteristik organisasi terdiri dari struktur dan teknologi. Struktur diartikan sebagai hubungan yang relatif tetap sifatnya, merupakan cara suatu organisasi menyusun orang-orangnya untuk menciptakan sebuah organisasi yang meliputi faktor-faktor seperti deentralisasi pengendalian, jumlah spesialisasi pekerjaan, cakupan perumusan interaksi antar pribadi dan seterusnya. Secara singkat struktur diartikan sebagai cara bagaimana orang-orang akan dikelompokkan untuk menyelesaikan pekerjaan.
·
Karakteristik
Lingkungan
Karakteristik lingkungan ini mencakup dua aspek yaitu internal dan eksternal. Lingkungan internal dikenal sebagai iklim organisasi.
Lingkungan eksternal
adalah kekuatan yang timbul dari luar batas organisasi yang memperngaruhi keputusan
serta tindakan di dalam organisasi seperti kondisi ekonomi, pasar dan peraturan
pemerintah.
·
Karakteristik
Pekerja
Karakteristik pekerja berhubungan dengan peranan perbedaan individu para pekerja dalam hubungan dengan efektivitas.
·
Kebijakan
dan praktek manajemen
Karena manajer memainkan peranan sentral dalam keberhasilan suatu organisasi melalui perencanaan, koordinasi dan memperlancar kegiatan yang ditujuan ke arah sasaran.
f) Faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi organisasi:
·
Budaya
Adanya konsep budaya yang dikembangkan oleh pakar oraganisasi menjadi bagian yang erat kaitannya dengan aspek-aspek pengembangan organisasi.
·
Leadership
Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.
·
Iklim
Organisasi
Iklim organisasi merupakan karakteristik yang membedakan satu organisasi dengan organisasi lainnya dan mempengaruhi orang-orang dalam organisasi tersebut.
g) Faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku organisasi:
·
Peningkatan
produktifitas
Organisasi dikatakan produktif jika
tujuan dapat dicapai dan proses pencapaian tersebut dilakukan dengan merubah
masukan menjadi keluaran dengan biaya yang paling rendah.
- Pengurangan kemangkiran
Kemangkiran
adalah tindakan tidak masuk kerja tanpa alasan.
- Penurunan Turn Over
Turn
over adalah pengunduran diri secara permanen dari organisasi.
- Peningkatan kepuasan kerja
Kepuasan kerja adalah perbedaan antara
banyaknya ganjaran yang diterima karyawan dan banyaknya yang mereka yakini
harus mereka terima.
h) Faktor-faktor yang
mempengaruhi struktur organisasi
·
Lingkungan
organisasi
·
Teknologi
·
Sumber
daya manusia, dan strategi organisasi
4.
Jelaskan pengertian
efisien dan efektif!
Jawab:
Ungkapan kata efisiensi dan efektifitas dapat
diartikan secara menyeluruh dalam setiap aktivitas / kegiatan organisasi. Kedua
kata tersebut merupakan kata yang dapat saling melengkapi.
Efektifitas adalah seberapa besar
tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang diharapkan dari
sejumlah input.
Definisi
Efektif:
- Able to accomplish a purpose.
- Mampu mencapai suatu maksud.
- Dapat membawa hasil.
- Capable of producing an intended result.
- Sanggup menghasilkan hasil yang diinginkan.
Efisiensi adalah perbandingan
terbaik antara suatu kegiatan dengan hasilnya. Menurut definisi ini, efisiensi
terdiri atas 2 unsur yaitu kegiatan dan hasil dari kegiatan tersebut. merupakan
suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber/biaya untuk
mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.
Definisi
Efisien :
- Being effective without wasting time or effort or expense.
- Menjadi efektif tanpa membuang uang atau usaha atau waktu.
- · Tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya)
- Working productively with minimum wasted effort or expense.
- Bekerja secara produktif dengan pengeluaran usaha dan biaya yang kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar